Friday, March 16, 2018

Pengalaman Membuat SKBN di Polres Cimahi


Assalamualaikum semuanya.
Hi Guys, untuk postingan kali ini saya akan berbagi cerita tentang pengalaman saya dalam membuat SKBN (Surat Keterangan Bebas Narkoba).
Jadi ceritanya di bulan februari 2018 ini ada lowongan dari kominfo untuk team pemblokiran konten negatif (ini pengumumannya).
Nah dan di salah satu persyaratannya adalah harus bebas narkoba, yang dibuktikan dengan SKBN itu guys.
Karena besok adalah hari terakhir untuk mendaftar, dan posisinya saya agak sekip untuk persyaratan SKBN ini, wal hasil harus dalam satu hari sudah selesai itu SKBN. Biar bisa di upload untuk daftar.
Jam menunjukkan pukul 16.00. Agak putus asa juga sih, mikirnya mana sempet bikin surat-surat penting dalam sehari. Apalagi sore itu saya mau flight dari pontianak ke cimahi (kampung halaman istri saya). Jadi kalo mau ngurus besok ya harus di cimahi.
Langsung aja quick googling. Nemu beberapa artikel. Ada yang pengalamannya bikin di RSHS, ada yg di polres, tapi ada juga review negatifnya. Kalo di RSHS biayanya bisa 400-600an. Kalo di polres ada yg sempet nolak, dan dilempar ke puskesmas, dan harus beli alat test packnya sendiri. Wow banget kan.
Akhirnya ngeliat ada review yang membuat SKBN di Polres Cimahi. Langsung aja deh di telpon.
Disini (022) 6634299.
Alhamdulillah nya adalah yang jawab bapak-bapak baik banget dan sangat ramah. Karena beliau juga ngga tahu persis persyaratannya, disuruh bawa pas foto sama fotokopi ktp aja, karena tim yang ngurus SKBN udah pada pulang katanya, jadi jam nya cuma sampe jam 15.00.
Mantap! Keesokan harinya bener tuh datang ke polres cimahi jam 8.15. ya ngga yang paling pagi sih, cuma menurut saya ini udah cukup pagi untuk datang ke instansi pemerintah.
Jadi yang perlu disiapkan:
1. KTP asli dan fotokopinya (minimal 3 biji)
2. Foto 3x4 (sediain aja 2 biji), sama yang 4x6 buat jaga2 aja.
3. Uang 200rb.
4. Pulpen sama map (optional), suka ada yg jualan juga di sekitar polres.
5. Tisu basah, dan tisu kering (optional), karena pas saya ke sana ngga nyala air di kamar mandinya.

Adapun proses pembuatannya / langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
1. Datang ke bagian kesehatannya. Lokasinya agak jauh tapi bisa ditempuh dengan jalan kaki. Tanya-tanya aja sama orang sekitar. Lokasinya di luar polres, ada gang kecil di belakang masjid, lurus belok kanan.
2. Di tempat kesehatan itu kita nanti langsung siapin duit 200.000 nya, dan langsung bayar di tempat, test pack nya pun di tempat. Ntar langsung di test dan kalo udah selesai langsung dapet kertas bahwa kita bebas narkoba.
3. Belum selesai sampai disitu, kita dateng lagi ke polresnya, karena ada lampiran yang berhak kita ambil dan yang ini bisa kita sebar ke berbagai instansi untuk persyaratan melamar.
4. Kalo udah dapet lampirannya juga, nanti lampiran itu di fotokopi (ada fotokopian juga di sekitar polres), dan bisa langsung legalisir.

Proses semuanya itu tidak nyampe 1 jam, bahkan tidak sampai 30 menit sepertinya kalo saya jalannya cepet.
Dan yang paling penting adalah semuanya bersih, tidak ada pungli.
Oiya, kata pak polisinya kalo untuk melamar kepolisian ngga bisa bikin SKBN di instansi kepolisian lagi, jadi mungkin ke rumah sakit ya. Tapi muahal. Hehe.
Dan oiya, masa aktif SKBN ini sepertinya almost seumur hidup, waktu saya tanya pak polisinya jawabannya agak rancu gitu, jadi masa berlakunya sampai kita test lagi (?).
Sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat.
:)

0 komentar

Post a Comment