Tuesday, March 20, 2018

Perpanjang SIM Beda Alamat Dengan KTP dan Diluar Domisili KTP - SIM Keliling Pontianak


Assalamualaikum Guys.
Untuk artikel kali ini, saya akan coba berbagi pengalaman mengenai memperpanjang SIM di Pontianak melalui SIM Keliling.

Jadi ceritanya istri saya habis masa berlaku SIM nya pada februari kemarin. Habisnya sih tanggal 16, dan hari ini ceritanya masih tanggal 12 Februari 2018. Nah, yang jadi masalahnya adalah karena kami domisili Pontianak, sementara alamat KTP nya Karawang, dan alamat SIM nya di Cimahi.

Ternyata itu bukanlah masalah, selama KTP kita sudah KTP Elektronik! Jadi kalau kita perpanjang SIM nya, nanti alamat di SIM nya berubah mengikuti alamat KTP!

Pagi itu pukul 08.00 kami berusaha memenuhi persyaratan yang dibutuhkan, yaitu:

  1. KTP asli
  2. Fotocopy KTP
  3. Surat keterangan sehat
  4. Uang Rp.75.000,-
  5. Pulpen (optional and recommended)
Nah surat keterangan sehat ini, menurut informasi yang kami dapat dari Polresta Pontianak Kota (Website Polresta Pontianak Kota), bisa di dapatkan di Rumah Sakit Bhayangkara, atau di Puskesmas terdekat, namun bila ingin ke Polresnya pun, ada dokter disana yang bisa mengeluarkan surat keterangan sehat.

Karena ingin cepat selesai, kami pun memilih untuk datang ke Puskesmas. Sebab, beberapa hari sebelumnya, saat datang ke Polresnya untuk sekedar tanya-tanya, ternyata dokternya memang agak siang datangnya sepertinya. Dan Pengalaman kami datang ke RS Bhayangkara memang selalu penuh antrian di pagi hari.



Melihat jadwal yang tertera di Website Polresta Pontianak Kota, kami pun bergegas kesana untuk melihat dimana posisi persisnya Mobil SIM Keliling tersebut. Setelah tanya-tanya akhirnya dapat informasi bahwa mobilnya ada di dekat BRI Jeruju.

Dan kami pun mencari puskesmas terdekat, awalnya kami menemukan puskesmas di Puskesmas Kom Yos Sudarso, setelah masuk dan melihat antrian, untuk antri daftarnya saja harus menunggu 100 antrian, akhirnya kami beralih ke Puskesmas Perumnas 1, yang letaknya tidak jauh dari sana. Antriannya cukup banyak, tapi karena terdapat banyak counter, dan terdapat pemisahan pendaftaran untuk berbagai jenis penyakit, jadi antrinya tidak terlalu lama, prosesnya kurang dari 1 jam, dan biayanya Rp.5.000,-

Setelahnya selesai mendapatkan surat keterangan sehat, kami pun datang ke lokasi SIM Kelilingnya pada jam 10.30. Dan sudah banyak yang antri ternyata! Di Website Polresta Pontianak Kota dapat kita lihat bahwa mulainya jam 09.00, tapi pengalaman saya mobil tersebut datang pukul 10.00, jadi sabar aja yah hehe.

Setelah itu kita langsung daftar, dan disuruh isi form, isi selengkap-lengkapnya sesuai arahan dari Pak Polisi, kemudian kita serahkan lagi ke Pak Polisinya, kita disuruh bayar via Bank BRI yang ada di dekat situ (jadi memang SIM Keliling ini selalu dekat Bank BRI, biar bayarnya dekat). Baru masuk ke Banknya sudah disambut dengan baik oleh Pak Satpamnya, bayar uangnya ke Pak Satpamnya sambil mengisi form pembayaran, tunggu 10 menitan, selesai. Balik lagi deh ke Pak Polisinya.

Nah disini agak lama waktu nunggunya, setelah nunggu 15 menitan, kita dipanggil untuk foto. Dan karena tempatnya memang bukan untuk nongkrong berlama-lama, kita juga kepanasan disini, tapi mungkin sekitar 1 jam kali yah, akhirnya SIM jadi! Nama istri saya dipanggil juga tuh akhirnya hahahaha.

Lumayan worth it lah, perjuangan memperpanjang SIM C, daripada terlambat sehari sehingga harus bikin lagi dari awal (masalahnya tes lagi loh, dan biayanya relatif mahal).


Sekian dan terima kasih.
:D
Wassalamualaikum Wr Wb

2 komentar:

  1. Saya mau tanyak SIM A dan KTP Medan ,,dan saya sek kerja di Bandung ,,kebetulan SIM A saya akan berakhir bulan April 2019 ,,,JD saya mau tanyak bisa nggak saya perpanjang SIM A dibandung ,,mohon petunjuk?

    ReplyDelete