Monday, March 12, 2018

Pengalaman Rekrutmen MT di PT Inti 2017 - 2018


Assalamualaikum Wr Wb,
Hi Guys, gimana kabarnya? Pada artikel kali ini, saya mau berbagi pengalaman mengenai rekrutmen MT di PT Inti pada tahun 2017.

A. Registrasi via Web

Periode registrasi pun ditutup pada 30 Juli 2017. Alhamdulillah saya sempat mendaftar sebelum jatuh deadline hahaha. Alamat web nya recruitment.inti.co.id.

B. Online Test
Setelah registrasi tersebut kita mendapat pengumuman pada tanggal 31 Juli 2017 yang berisikan info lanjut ke tahapan test online. Kita dikasih username dan password yang dipergunakan untuk test. Dan kebetulan saya mendapatkan jadwal mengerjakan test pada tanggal 2 Agustus 2017 dari jam 15.00 – 17.00 WIB.

Setelah siap-siap untuk test pada waktu tersebut, ternyata yang sesi sebelumnya terjadi kendala, sehingga di laman webnya terdapat pengumuman untuk jadwal saya diundur menjadi waktu yang belum di tentukan. Wew.

Kemudian pada 3 Agustus 2017 jam 9.30 Pagi, saya di email lagi yang memberikan jadwal test online tanggal 8 Agustus 2017 jam 08.00 – 10.00. hal ini tentu sangat menggembirakan karena posisinya sedang fresh-freshnya otak hahaha.

Untuk informasi lengkap mengenai testnya bisa dibuka dari blog teman peserta rekrutmen yang lain (klik di sini).

C. Verifikasi Berkas dan Tes Materi
Jeng jeng jeng, pengumuman yang ditunggu pun telah tiba, akhirnya 15 Agustus 2017 pada jam 6.24 PM dapet surat cinta untuk tahapan verifikasi berkas dan tes materi.
Dan di dalamnya terdapat 3 lampiran, undangan verifikasi beserta kelengkapan yang harus dibawa, CV dalam formatnya PT Inti, dan kartu peserta.

Karena saya kode B, saya dijadwalkan pada 21 Agustus 2017 jam 13.00 – 17.00 untuk verifikasi berkas. Oiya, di dalam kelengkapan sudah termasuk ijazah dan transkrip yang dilegalisir ya, jangan lupa juga persiapkkan SKCK yang dilegalisir, biar ngga mendadak persiapannya. Dan saya juga dijadwalkan untuk tes materi pada 23 Agustus 2017  jam 08.00 - 10.30.

Pada waktu yang ditentukan, saya datang tuh ke lokasi, ternyata sistemnya FIFO (First In First Out), karena saya datang 15 menit sebelum waktu di mulai, jadi masih belum terlalu ramai, kita pun baris dengan duduk yang rapi, maju satu-satu dengan membawa kelengkapannya. Prosesnya cepat, saya Cuma duduk sekitar 15 menit udah dipanggil. Dan setelah selesai langsung pulang haha. Oiya, untuk kartu peserta akan di-cap oleh panitia, dan akan selalu dipertanyakan saat akan tes di tahapan selanjutnya, so, jangan ilang ya guys, taro aja di dompet, ngga tebel kok, hehe.

Tanggal 23 Agustus saya sudah standby setengah jam sebelumnya, dan memang peserta nya masih sangat banyak. Aula yang cukup besar saja hampir penuh oleh kode B doang. Dan tes pun dimulai agak ngaret dikit, karena mempersilakan bagi yang ingin ke toilet terlebih dahulu. Ternyata soal tes materinya adalah memang materi saya saat kuliah, materi tentang teknik telekomunikasi, karena saya masih ingat beberapa basicnya, sehingga ngga nyampe setengah jam sudah selesai. Dan soalnya kalau tidak salah pilihan ganda. Tapi disini prinsipnya mulai bersama, selesai bersama. Nunggu deh hehe. Jangan lupa bawa jaket kalo emang ngga kuat dingin, karena di dalam saya kedinginan.

D. Tes Bahasa Inggris
Pengumuman yang ditunggu pun datang pada 30 Agustus 2017. Lolos ke tes bahasa inggris. Disini terdapat 2 jenis tes, yakni tes tulis dan interview. Untuk kode B, Tes tulis dilaksanakan jam 08.00 - 11.00 sedangkan interviewnya jam 13.00  - 15.00.

Dalam pelaksanaanya, PT Inti sepertinya bekerja sama dengan EEP (silakan googling sendiri). Dan saya agak lupa test nya apa aja saat test tulis, seinget saya sih seperti test bahasa inggris pada umumnya, ada grammar, reading, dan ada listening. Karena speakernya juga cukup bagus di Aula, makanya saya lumayan pede di kala itu.

Dan setelah makan siang, 15 menit menjelang jam 13.00 saya sudah datang ke lobby, dan ternyata sudah bisa langsung dimulai. Wow. Keren sekali. Di Interview pun dengan orang EEP nya sangat santai, sehingga bisa ketawa-ketiwi dalam bahasa inggris. Interview sekitar 10 menitan dengan materi tentang diri anda dan pengalaman anda saat bekerja. Yang sudah interview boleh pulang deh.

E. Psikotes
Dan surat cinta ku pun datang tanggal 18 September 2017 jam 10.37 Pagi. Di surat cinta kali ini kita diminta datang untuk Psikotest di Bandung. PT Inti sepertinya bekerja sama dengan BPIP (Googling sendiri). Pelaksanaanya untuk kode B dan C di tanggal 26 September 2017.

Jangan lupa bawa pulpen, pensil HB, dan pensil 2B, tapi kalo seumpama lupa, nanti dikasih pinjam dari BPIP nya. Disini seperti biasa ada test kreplin (atau pauli ya? haha), wartegg, pohon, orang, kepribadian, sama psikotest pada umumnya (yang seperti online test).

Dimulai dari jam 08.00 sampai waktu dzuhur. setelah itu kita diberi kesempatan untuk makan siang (tidak di sediakan), dan ada test lagi untuk FGD. FGD ini kita diberikan topik mengenai PT Inti. Dan FGD ini tidak ada moderatornya dari BPIP, pesertannya pun hanya sekitar 5-6 orang. Be Wise Guys, perhatikan cara anda dalam menyampaikan pendapat.

F. Interview User
Yey, surat cintaku datang di 30 Oktober 2017 jam 5.04 PM. Yak, panggilan untuk interview user. Kita dipanggil untuk interview pada 7 November 2017, dan untuk kode B dari jam 08.00 - selesai.

Karena saya datang agak terlambat, jadi saya kebagian paling akhir hahaha, dan ini selesai sekitar jam setengah 4 sore. Rata-rata ada sekitar 4 orang yang menginterview masing-masing peserta. Dan itu tentunya dari seksi yang berbeda. Tujuannya kira-kira kandidat ini bisa ditempatkan di divisi siapa. Dan seperti biasa yang namanya interview user, menceritakan pengalaman kita, dan seperti apa kita dalam menghadapi problem, kemudian juga dilihat minat dan passion kita.

G. Tes Kesehatan
Setelah menunggu cukup lama, email cinta datang kembali pada 10 Januari 2018 jam 4.53 PM. Yak, panggilan untuk mengikuti tes kesehatan.

Pelaksanaan tes kesehatan ini serentak untuk semua kode pada Rabu, 17 Januari 2018 di Biotest Naripan. Oleh karena itu kita puasa tanggal 16 nya dari jam 22.00 WIB.

Testnya lumayan teratur, Urin, EKG, Ronsen, Darah, Dokter Umum. Karena untuk dokter umum lumayan lama sekitar 5-10 menit per orang, maka terjadi bottle neck, dan pesertanya juga masih sekitar 70 orang-an untuk semua kode. Jadi lumayan lama.

H. Interview Direksi
Final test, Finally. Pada 27 Februari 2018 di jam 6.24 AM (pagi-pagi buta adminnya udah masuk ke kantor buat blast email, keren.) kita dipanggil untuk mengikuti interview direksi tanggal 5 Maret 2018, untuk kode B jam 10.00 - selesai.

Tapi keesokan harinya, jam 9.40 AM kita di-email lagi karena ternyata para direksi sedang berhalangan, sehingga diundur ke hari besoknya, yaitu 6 Maret 2018 dengan jam yang sama seperti email sebelumnya. Untung belom beli tiket. Fiuh.

Pada waktunya saya datang dan peserta untuk kode B tersisa 17 orang termasuk saya. Dan pada hari-H nya ada satu orang yang tidak datang, mungkin karena sudah diterima di perusahaan yang lain.

Tiba giliran saya pada jam 13.40, kita ber-empat masuk ke ruangan (dia masuknya berempat-berempat ya), dan di ruangan direksi ini sudah hadir 3 Orang Penting di PT Inti, Pak Darman, Bu Nila, dan Pak Teguh (Klik di sini). 

Suasananya sangat santai, tidak ada pertanyaan teknis, semua tentang kepribadian kita. Be Optimists Guys, dan lebih baik kalo kita jago menjual diri kita agar kita bisa direkrut.

Sampai tanggal 12 Maret 2018 ini masih belum ada pengumuman dari interview direksi.
Dan menurut para Direksi, interview kali ini cukup lama, karena memang banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan oleh PT Inti, sehingga baru sempat di 2018 ini.

Dan pengumumannya sekitar 1 mingguan, dan mulai bekerja 1 Mei.
Semangat!

Thanks for reading.

1 komentar: